Covid-19 Meningkat di Minut, Luntungan: Itu Tanggung Jawab Bersama

Minut359 views

Minut, Jurnal6
Penyebaran Covid-19 di Kabupaten Minahasa Utara (Minut), cukup tinggi. Ini menjadikan kabupaten di kaki Gunung Klabat sebagai zona merah Pandemi Covid-19. Beruntung, tingkat penyembuhan penderita meningkat.

Tingginya angka pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Minut membuat berbagai kalangan bersuara. Mereka meminta eksekutif dan legislatif bisa bekerja maksimal untuk menurunkan jumlah kasus positif Covid-19. Peran serta masyarakat pun dalam mengikuti anjuran pemerintah, harus dilaksanakan.

“Minut harus keluar dari zona merah Covid-19 sehingga berbagai upaya harus dilakukan pemerintah dan wakil rakyat di Gedung Tumatenden,” ujar Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Gerakan Bela Rakyat (GEBRAK) Minut, William Luntungan kepada wartawan, Senin 20 Juli 2020.

Menurut Luntungan, untuk menghentikan penyebaran virus Corona di Tanah Tonsea, itu harus dibicarakan antar pihak eksekutif, legislatif dan tokoh masyarakat serta Ormas yang ada di Kabupaten Minut. Tak hanya itu, wakil rakyat dari Dapil Minut yang duduk di gedung Cengkih Sulut serta Pemprov Sulut juga harus ikut ambil bagian dalam penanganan Covid.

“Gugus tugas dari Pemprov Sulut juga harus membantu pemerintah Minut. Wakil rakyat utusan Minut di DPRD Sulut juga harus turun tangan. Jangan hanya ambil suara di Minut, lantas tidak bekerja untuk daerah ini,” ungkapnya.

Menurut Luntungan, sesuai pembicaraan dengan Ketua DPRD Minut Denny Lolong, pembahasan soal penanganan Covid-19 ini akan dilanjutkan dengan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan pemerintah daeray, Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Minut serta tokoh masyarakat dan Ormas.

“Sudah diagendakan. Dan dalam rapat ini kita tidak perlu saling menyalahkan, tapi harus cari jalan keluarnya agar Minut bisa keluar dari Zona Merah,” tambahnya.

Ketua DPRD Minut Denny Lolong kepada wartawan membenarkan jika pihak legislatif sudah menagendakan RDP pada Rabu pekan mendatang.

“Rencana Rabu depan kita lakukan rapat dengan melibatkan semua pihak,” tandasnya.

Sementara itu, Bupati Minut DR Vonnie A Panambunan STh (VAP) mengatakan, jika Pemkab Minut melalui Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Minut sudah bekerja maksimal sesuai arahan pemerintah pusat. Untuk itu, diimbau kembali kepada masyarakat agar menaati anjuran pemerintah sesuai dengan protokol kesehatan.

“Mari sama-sama kita perangi dan waspadai Covid-19 ini dengan mentaati himbauan pemerintah sesuai protokoler kesehatan,” ungkapnya.(PaulWo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *