oleh

Dadim 1301/Sangihe Pimpin Penanaman Jagung di Lahan Tidur Kelurahan Pananekeng

-Sangihe-53 views

Sangihe, Jurnal6
Wujudkan ketahanan pangan di wilayah, Dandim 1301/Sangihe Letkol Inf Rachmat Christanto SIP pimpin penanaman jagung di lahan tidur milik masyarakat. Kegiatan itu digelar di Pensu, Kelurahan Pananekeng, Kecamatan Tahuna Barat, Jumat (17/07/2020).

Kodim 1301/Sangihe terus gencar memanfaatkan lahan tidur untuk di olah menjadi lahan produktif. Kegiatan ini dilakukan guna menguatkan ketahanan pangan di wilayah, terutama mengantisipasi terjadinya krisis pangan akibat Pandemi Covid-19. 

STA GINOSKO

Dandim 1301/Sangihe memimpin langsung penanaman jagung di lahan tidur milik masyarakat yang berada di Kelurahan Pananekeng, bersama instansi dan kelompok tani masyarakat setempat. 

Wabah Virus Corona yang tengah melanda Indonesia bahkan dunia,  berimbas dalam segala aspek kehidupan terutama dalam segi perekonomian. Hal tersebut berimbas kepada masyarakat kalangan menengah ke bawah.

Menyikapi hal tersebut, Kodim 1301/Sangihe berusaha menciptakan terobosan untuk menguatkan ketahanan pangan di wilayah teritorialnya. Caranya dengan terus memanfaatkan lahan tidur menjadi lahan produktif. 

Dalam kesempatan tersebut, Dandim 1301/Sangihe Letkol Inf Rachmat Christanto SIP menekankan kepada jajaranya untuk bekerjasama yang baik dengan seluruh instansi dan masyarakat, guna meningkatkan ketahanan pangan dalam situasi dan kondisi Covid-19.

“Dengan adanya kerjasama dan saling bertukar ilmu pengetahuan, Kita berharap jagung yang ditanam hari ini bisa menghasilkan buah yang bagus dan berlimpah, sehingga dapat memberikan contoh kepada masyarakat untuk mengikuti dan mengembangkanya,” kata Christanto.

Dikatakannya pula, penanaman jagung di lahan tidur ini merupakan wujud sinergitas TNI bersama masyarakat, untuk meningkatkan ketahanan pangan di wilayah Kabupaten Kepulauan Sangihe dalam menghadapi Pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini. 

“Kegiatan ini akan terus kita kembangkan di seluruh wilayah, dengan tujuan dapat memberikan contoh dan manfaat kepada masyarakat untuk mengolah lahan tidur sekitar kita. Itu dilakukan agar menjadi lahan produktif yang dapat bernilai ekonomi tinggi. Masa pandemi ini dibutuhkan keuletan kita untuk menciptakan inovasi atau terobosan dalam menciptakan peluang usaha untuk memenuhi kebutuhan pokok menunjang hidup sehari-hari. Salah satunya pemanfaatan lahan tidur ini,” pungkasnya.(Ady)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed