Pemkab Sangihe-BSG Tahuna Tandatangani MoU PBB P2

Sangihe317 views

Sangihe, Jurnal6
Bank SulutGo (BSG) Cabang Tahuna dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Sangihe terus melakukan sejumlah kerjasama. Itu ditandai dengan penandatanganan Momerandum of Understanding (MoU). Salah satunya perjanjian kerja sama Penerimaan Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB P2) dan pajak Daerah lainnya. Penandatanganan yang dirangkaikan dengan penyerahan santunan duka periode Januari-Juli itu dihelat padaSenin (13/7/2020).

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Papanuhung Santiago Tampungan Lawo. Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe, Jabes Ezar Gaghana SE ME dalam sambutanya mengatakan bahwa agenda yang dilaksanakan itu adalah salah satu bagian dari pelayanan publik yang dilaksanakan secara bersamaan yaitu terkait dengan tugas dan tanggung jawab serta kewajiban, baik kewajiban pemerintah daerah kepada masyarakat maupun kewajiban masyarakat kepada pemerintah daerah.

“Apabila kita menghitung  pajak bumi dan bangunan saat ini yaitu di sekitar 1,9 miliar rupiah. Sedangkan dana APBD yang terhitung semua menjadi kurang lebih 1,1 triliun rupiah. Jadi besar sekali bantuan pemerintah daerah terhadap pelaksanaan pembangunan,” kata Gaghana. 

Begitu juga dengan ditandatanganinya MoU pemerintah daerah dengan PT Bank SulutGo, terkait dengan pembayaran PBB P2, jelas Gahhana, ini sudah menjadi tanggung jawab bersama. Karena biaya pembangunan yang ada di daerah Kabupaten kepulauan Sangihe ini sudah dibiayai oleh pajak dan bangunan.

“Kegiatan yang kita lakukan bersama dengan PT Bank SulutGo ini yang merupakan Banknya pemerintah, dan salah satu Bank yang sudah memfasilitasi seluruh transaksi keuangan baik melalui dana masyarakat yang kita kelola,” tutur Gaghana.  

Kemudian terhadap dana duka tambah Gaghana, sebelumnya dana duka di tahun 2017 hanya sebesar Rp1 juta rupiah.

“Kita patut bersyukur karena sudah ada ketambahan dan dinaikan menjadi 2 juta rupiah, karena kami sebagai pemerintah memahami keadaan yang dirasakan oleh keluarga pemangku duka,” tambah Gaghana. 

Hadir pada kegiatan tersebut Brench Maneger PT bank SulutGo Tahuna Albert Tambariki, Plh Sekda Herry Wolf, Asisten III dra Olga Makasidamo, Kaban Keuangan Femmy Montang, sejumlah Pimpinan OPD, serta para tamu lainnya.(Ady)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *