oleh

Rumput Laut Solusi Alternatif Mata Pencarian Warga Rendingan

-Sangihe-63 views

Sangihe, Jurnal6
Mendukung peningkatan pendapatan masyarakat nelayandi tengah pendemi Covid 19, Pemerintah Kabupaten (Pemkab)  Sangihe lakukan pendampingan dan memberikan bantuan pembudidayaan rumput laut. Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Daerah (DKPD) Sangihe, Ir Reinje Tamboto dikonfirmasi wartawan membenarkan adanya bantuan pemerintah demi menggenjot sector perikanan dan kelautan terutama budidaya. Kelompok nelayan kampung Rendingan Kecamatan Tabukan Tengah menjadi fokus pemberian bantuan budi daya rumput laut yang dikucurkan pemerintah Daerah.

“Jadi pada saat ini telah dipersiapkan untuk bantuan perikanan yakni budi daya rumput laut. Karena memang masyarakat di kampung Rendingan ini keadaan ekonominya sekarang ini mengalami penurunan diakibatkan pandemi Covid-19. Solusi alternative untuk mata pencaharian dilihat dari potensi yang ada, rumput laut menjadi salah satu solusi untuk pendapatan masyarakat,” ungkap Tamboto. 

“Sebab waktu pemeliharaannya 35- 45 hari sehingga masa panen masyarakat bisa mendapat pendapatan, baik dia tua, lansia hingga anak- anak juga bisa pekerjaan- pekerjaan saatpembudidayaan rumput laut maupun pada saat panen,” sambungnya.

Ditambahkan Tamboto, kegiatan budidaya rumput laut diyakni berdampak positif terhadap ekonomi masyarakat nelayan mulai saat pembudidayaan hingga masa penen.

“Selain bantuan budidaya rumput laut Pemkab Sangihe melalui Dinas Kelautan juga tengah melobi dana bantuan ke pemerintah pusat dan provinsi guna mendukung akselerasi daerah terutama sektor kelautan dan perikanan. (Ady)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed