Marini Kapojos Sebut, Masuk Zona Orange Warga Tetap Gunakan Masker dan Jaga Jarak

0
106

MANADO,JURNAL6.COM-Pemerintah Kota Manado terus mematangkan persiapan diri menyambut datangnya era new normal atau tatanan baru.

Berbagai kebijakan pun diberlakukan untuk kembali memutar roda perekonomian yang sempat terhenti akibat pandemi Virus Corona atau Covid-19

Meski demikian bukan berarti protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah untuk memutus mata rantai Covid-19 harus diabaikan oleh masyarakat. Itupun harus didekati secara serius oleh warga yang ada di Kota Manado

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Manado dr Ivan Sumenda Marthen MM, melalui Sekretaris Dinkes dr Marini Maria Kapojos, kalau ada masyarakat yang berpergian ke mall, pasar, atau ke tempat keramaian lainnya jangan lupa menggunakan masker, jaga jarak dan mencuci tangan ditempat yang sudah disediakan.

“Kalau warga yang menuju tempat ramai ataupun Berkerumunan, jangan lupa gunakan masker, jaga jarak dan cuci tangan,” ucap Kapojos.

Lebih jauh kata mantan Kepala Dinas Kesehatan Kota Manado ini, inipun beralasan, dimana jumlah penderita Covid-19 sampai saat ini masih mengalami peningkatan di Kota Manado

Data yang terkonfirmasi pada Senin (6/7/2020) oleh Tim Gugus Tugas Covid-19, dimana yang terdata positif sebanyak 779 orang, 584 dirawat, 136 sembuh dan 59 meninggal.

“Sementara PDP (pasien dalam pengawasan) sebanyak 69 dan ODP (orang dalam pemantauan) sebanyak 31 orang,” beber dokter.

“Hindari kerumunan dan keramaian yang berpotensi terjadinya perjangkitan,” pinta Kapojos

Meski demikian kata dokter cantik ini , Manado sudah turun status dari zona merah menjadi zona orange. Penurunan status tersebut telah menunjukkan hasil yang optimis.

“Mohon tetap pertahankan disiplin dalam melakukan protokoler kesehatan, jangan lengah, jangan sampai Manado sekarang sudah di zona orange membuat masyarakat beranggapan kita sudah bebas dari Virus Corona. Kita jangan lengah, ayo lebih tingkatkan disiplin,” ajak dokter yang murah senyum ini

Kepala Dinkes dr Ivan Sumenda Marthen MM, juga meminta masyarakat yang positif Covid-19 agar melakukan isolasi secara mandiri atau di rumah singgah yang disediakan oleh pemerintah.

“Sebab penderita Covid-19 bisa sembuh dengan sendirinya, asal kita bantu dan berikan dukungan moril dalam proses isolasi,” pungkasnya.

(ONAl)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here