Dandim 1301/Sangihe Buka Latihan Teknis Teritorial TA 2020

Sangihe204 views

Sangihe, Jurnal6
Dalam rangka memelihara dan meningkatkan kemampuan teknis Prajurit Komando Kewilayahan, Kodim 1301/Sangihe mengelar Latihan Teknis Teritorial TA 2020. Pelatihan ini diikuti seluruh personil Babinsa dan Danramil jajaran Kodim 1301/Sangihe. Kegiatan tersebut dilaksanakab di lapangan Makodim Jl Tatehe Kelurahan Bungalawang Kecamatan Tahuna, Senin (6/7/2020).

Dandim 1301/Sangihe Letkol Inf Rachmat Christanto SIP membuka kegiatan tersebut. Dikatakan Dandim, kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 6 sampai dengan 10 Juli 2020, yang harusnya dilaksanakan pada bulan April, karena terkendala dengan situasi dan kondisi penanganan  Pandemi Covid 19 yang tengah terjadi saat ini.

“Pembinaan Teritorial (Binter, red) merupakan tatanan yang bercorak kewilayahan dan didayagunakan untuk mengolah potensi wilayah yang meliputi geografi, demografi, maupun kondisi sosial menjadi kekuatan yang siap diperlukan untuk kepentingan pertahanan Negara. Tujuan Latihan Teknis Teritorial ini adalah untuk memelihara kemampuan dan meningkatkan penguasaan tentang pengetahuan serta keterampilan teknis satuan kewilayahan dalam melaksanakan tugas-tugas kewilayahan, serta memberikan kemampuan kepada para Babinsa agar dapat melaksanakan tugas di lapangan dengan baik,” kata Christanto.

Dikatakannya pula, selaku aparat kewilayahan, TNI harus memiliki kemampuan yang dapat diandalkan, seperti 5 kemampuan teritorial, Sikap Teritorial, Metode Binter yang menjadi pedoman bagi para Babinsa dan aparat teritorial, serta memiliki kemampuan perorangan yang meliputi kemampuan temu cepat dan lapor cepat, kemampuan berkomunikasi dengan masyarakat di sekitarnya, kemampuan meningkatkan kesadaran bela negara kepada masyarakat dan kemampuan penguasaan medan.

“Saya tekankan kepada seluruh anggota agar betul-betul memahami kegiatan ini, guna menunjang pelaksanaan tugas dan tanggung jawab di wilayah. Kepada penyelenggara, laksanakan pengawasan selama latihan agar tujuan dari latihan ini dapat betul-betul terserap oleh seluruh anggota Kodim 1301/Sangihe. Tetap jaga faktor keamanan selama latihan,” pungkasnya.(Ady)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *