Presiden Jokowi Umumkan 55 Hasil Penelitian Terbaik, Termasuk Peneliti Unsrat

Manado108 views

Manado, Jurnal6
Presiden Jokowi mengumumkan 55 hasil penelitian terbaik se-Indonesia. Salah satunya hasil produk para peneliti Unsrat. “Ini adalah momentum baru bagi kebangkitan bangsa, ini adalah momentum baru kebangkitan bidang sains dan teknologi kita dan khususnya di bidang kesehatan,” ucap Jokowi saat meresmikan peluncuran produk riset, teknologi dan inovasi untuk percepatan penanganan COVID-19 melalui telekonferensi, Rabu (20/5/2020).

Ketua Tim penelitian Disinfektan Ir Tinneke Langi MS, mengatakan penelitian ini memanfaatkan produk lokal asap cair tempurung kelapa dan minyak cengkih yang punya sifat anti mikroba yang dapat dipakai sebagai disinfektan untuk benda-benda mati bahkan antiseptik pada tangan manusia.

“Jadi penelitian ini kami mengangkat tanaman kelapa dan cengkih yang banyak manfaatnya. Terutama membantu mengatasi pandemi COVID-19,” jelasnya.

Dosen Fakultas Pertanian jurusan Teknologi Pertanian ini menginformasikan beberapa penelitian sebelumnya tentang asap cair untuk anti mikroba telah dilakukan baik terhadap benda maupun bahan pangan.

“Dalam arti asap cair adalah produk yang aman digunakan,” ujar Langi.

Lanjutnya, penambahan minyak cengkih juga sebagai anti mikroba dan juga sebagai aroma terapi.“Karena itu kami memilih bahan baku kelapa dan cengkih sebab kedua produk ini melimpah di Sulut dan harganya murah. Ini juga kami ikut membantu para petani yang panen di tengah pandemi corona,” jelasnya.

Salah satu anggota tim Dr Dedie Tooy MS menambahkan semua bahan-bahan yang digunakan adalah non kimia. “Jadi semuanya alami dan aman untuk digunakan. Jadi saat dipasarkan sebentar masyarakat tak perlu takut untuk memakainya,” tambahnya. (Lla)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *