Pandemi Covid-19, Mahasiswa S3 Unsrat Ikuti Kuliah Online

Manado199 views

Manado, Jurnal6
Memanfaatkan teknologi di masa pandemic Covid-19, mahasiswa S3 Program Studi Doktor Ilmu Kelautan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Unsrat mengikuti perkuliahan online untuk mata kuliah umum ekonomi kreatif masyarakat pesisir oleh Prof Dr Bet El Silisna Lagarense, Kamis (30/4/2020). Dijelaskan Prof Bel Lagarens, di masa pandemic covid 19 ini, kegiatan perkuliahan tetap jalan dengan memanfaatkan teknologi yang ada dengan harapan transfer ilmu pengetahuan tetap jalan.

“Melalui mata kuliah ini diharapkan mahasiswa S3 terus menambah khasanah pengetahuan pentingnya ekonomi kreatif yang berpontensi mempercepat pertumbuhan dan perkembangan ekonomi. Mendorong peningkatan pendapatan, penciptaan lapangan kerja, dan pendapatan ekspor sambil mempromosikan kekuatan sosial, keanekaragaman budaya, dan pengembangan sumber daya manusia. Bahkan bisa memperkuat aspek ekonomi, budaya dan sosial yang berinteraksi dengan teknologi, kekayaan intelektual, dan pariwisata,” jelasnya.

Lanjut dia, hal ini menjadi sangat penting karena hingga saat ini industri kreatif adalah  jantung ekonomi masyarakat lebih khusus masyarakat pesisir.

“Kegiatan kreatif berbasis pengetahuan yang dimaksud yakni yang menghubungkan produsen, konsumen, dan tempat dengan memanfaatkan teknologi, bakat, atau keterampilan untuk menghasilkan produk budaya tak berwujud yang bermakna, konten kreatif, dan pengalaman. Knowledge ekonomi kreatif akan ditransfer, menyiapkan SDM yang handal siap menjadi tenaga kerja yang mandiri baik sebagai pekerja professional ataupun sebagai pelaku usaha (entrepreneur) ekonomi kreatif di industri kreatif,” tambahnya.

Sedangkan untuk pengembangan pariwisata, ekonomi kreatif menjadi sangat penting pula untuk menciptakan berbagai peluang dan inovasi  untuk menghasilkan pendapatan. Apalagi sektor pariwisata menjadi salah satu andalan penghasil devisa di tanah air.

“Produk ekonomi kreatif khususnya masyarakat pesisir menjadi yang terbaik selama ini, ini menjadikan  pariwisata dan ekonomi kreatif sebagai sumber kesejahteraan masyarakat secara berkelanjutan. Ke depan pariwisata akan jauh lebih maju manakala didukung bidang kreatif atau sebaliknya. Dalam banyak bidang, seperti budaya, kuliner, aset wisata, hingga penciptaan event-event yang kreatif sehingga mendatangkan banyak wisatawan,” kata Lagarense.

Sementara itu, Kaprodi S3 Ilmu Kelautan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Unsrat, Prof DR Deasy Mantiri, menambahkan mendukung penuh upaya perkuliahan daring di masa pandemic Covid-19.

“Memanfaatkan teknologi yang ada tentunya transfer ilmu pengetahuan bisa tetap jalan. Kuliah umum ini sangat penting untuk mahasiswa S3, selain untuk menambah pengetahuan juga untuk kelancaran proses studi agar bisa selesai tepat waktu. Dalam keterbatasan karena pandemic covid 19, kuliah ini berlangsung dengan baik dan terima kasih tentunya bagi mahasiswa juga Prof Bel Lagarense yang menjadi narasumber,” kata Mantiri. (Lla)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *