Tungari: Stop Stigma Negatif Bagi Penderita Covid-19

Sangihe655 views

Sangihe, Jurnal6
Kabupaten Sangihe saat ini mengoleksi satu orang yang dinyatakan positif Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Dengan terkonfermasinya satu orang positif corona ini secara tidak langsung melahirkan stigma atau pandangan negatif di tengah-tengah masyarakat, khususnya bagi orang yang dinyatakan positif  wabah penyakit tersebut karena takut tertular.

Menyikapi situasi yang berkembang sekarang ini khusunya di lingkungan sekitar penderita yang terpapar Corona, yang mulai terlihat adanya stigma buruk dan mulai muncul sekat dalam berinteraksi Wakil Ketua DPRD Sangihe. Michael Thungari meminta masyarakat meniadakan stigma buruk kepada pasien terkait virus corona, baik itu berstatus orang dalam pemantauan (ODP)  maupun pasien dalam pengawasan (PDP). Sebab menurutnya dengan memberikan dukungan moral akan dapat membantu proses penyembuhan bagi pasien yang dinyatakan positif.

“Jelas penularan virus ini melalui kontak fisik. Saya beberapa hari lalu berkesempatan melihat dari dekat dan memberikan dukungan moral kepada para ODP. Tentunya dengan tetap mematuhi Protap yang ada,” ujar Tunghari.

Dia menyanyangkan sikap warga yang kurang memahami wabah Virus Corona. Oleh karena itu perlu ada edukasi terhadap masyarakat dalam menghadapi.virus corona dengan bijak, sehingga tidak ada kepanikan dan stigma negatif.

” Sebab dengan berpandangan negatif maka akan merugikan bagi keluarga.dan masyarakat sekitarnya,” jelas Thungari seraya menghimbau kepada masyarakat untuk menjauhi dan perangi virusnya bukan orangnya.(Ady)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *