oleh

Produksi Pertanian di Sulut Aman, Wowiling : Semangat Pertanian Kita Tidak Boleh Berhenti

Jurnal6 Manado – Pemerintah menjamin kebutuhan pangan di Sulawesi Utara  aman dan terkendali sehingga masyarakat diharapkan tidak perlu khawatir akan kebutuhan pokok tersebut.

Hal tersebut ditegaskan Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Sulut Ir. Novly Wowiling usai mengadakan rapat pembahasan bersama Pansus LKPJ DPRD Sulut  Jumat (24/4.2020), terlebih bila hal ini dikaitkan dengan kebutuhan masyarakat menghadapi pandemic covid 19 ini.

“ Kaitannya dengan covid ini yang bisa menangkal selain dari pertimbangan aman dari sisi kesehatan tetapi juga harus terpenuhinya gizi.  Nah terpenuhinya gizi berkaitan erat dengan pangan sehingga semangat kita pertanian tidak boleh berhenti.” tandas Wowiling.

Dijelaskannya, komoditi pertanian di Sulut aman artinya aman dari sisi produksi tidak ada gejolak.

“ Sekarang apa yang susah mencari pangan,  hampir tidak ada karena di lapangan menyatakan demikian semua tersedia termasuk ketersediaan beras. Bahkan justru ketersediaan beras paling stabil dari tahun ke tahun.  Artinya apa,  kita sudah mapan di dalam produksi beras bahkan saya perlu tegaskan bahwa kita sudah swasembada beras karena pemahaman swasembada itu 90 persen produksi mampu memenuhi  kebutuhan local,” terangnya.

Demikian juga untuk kebutuhan pangan dalam mengahadapi bulan suci Ramadhan cukup tersedia di hampir semua komoditi pertanian  kecuali gula pasir yang menurutnya sedikit kurang namun masih relatif aman. (stem)

.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed