oleh

Muncul Gejala Komplit Covid-19, RS Cantia Tompasobaru Rujuk Pasien ODP ke Kotamobagu

-Minsel-98 views

Amurang, Jurnal6
Pasien Orang Dalam Pengawasan (ODP) di Rumah Sakit Cantia, Tompasobaru, Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), dirujuk ke rumah sakit rujukan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), Kotamobagu. Itu dilakukan lantaran pasien itu menunjukkan gejala komplit Covid-19. Pihak RS Cantia dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemkab Minsel ambil langkah penanganan cepat.

Kepala Dinas Kesehatan Minsel, dr Erwin Schouten menjelaskan, pasien berjenis kelamin laki-laki itu sementara dirawat di RS rujukan Covid-19 di Kotamobagu, setelah sebelumnya dirawat di RS Cantia Tompasobaru. Yang bersangkutan pun berstatus ODP.

STA GINOSKO

“Statusnya ODP, masuk rumah sakit dengan keluhan batuk, panas, sesak nafas. Sedangkan, riwayat perjalanan, Airmadidi dan Kota Manado,” kata Schouten.

Setelah di-rontgen, hasilnya menunjukkan gangguan di organ pernafasan.

“Hasil RO, pneumonia bilateral. Kami juga sudah lakukan rapid test, hasilnya negatif. Pemeriksaan lanjutan adalah swab. Hasilnya masih kami tunggu. Hingga saat ini pasien masih dirawat di rumah sakit di Kotamobagu,” aku Schouten.

Tim dari Dinkes Minsel pun kembali turun ke Tompasobaru. Tim ini sementara mendata riwayat perjalanan pasien saat pulang kampung.

Kendati demikian, Schouten mengimbau warga Minsel untuk tidak panik. “Tetap tenang dan waspada. Sebab tim medis selalu berupaya sekuat tenaga melaksanakan tugas agar penyebaran Covid-19 dapat teratasi. Prosedurnya kami jalankan seketat mungkin,” imbuhnya.

Informasi yang dihimpun Jurnal6 dari warga dan dari Dinkes, pasien berstatus ODP itu bekerja di Kota Manado. Sementara, tempat tinggalnya di Airmadidi, Kabupaten Minahasa Utara. Karena mereka libur dan tubuhnya berasa tidak sehat, warga Tompasobaru itu pulang kampung.(rul mantik)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed