Obat COVID-19 Ditemukan, Jokowi Pesan 2 Juta Paket

0
217

Jakarta, Jurnal6
Upaya tim dokter dunia mencari obat penyembuh penderita COVID-19, sukses. Dua macam obat, yakni Avigan, obat flu dari Jepang dan Klorokuin, obat malaria yang sangat dikenal di Indonesia, ampuh menyembuhkan pasien yang diserang virus Corona. Pemerintah Indonesia pun memesan obat yang sudah diujicoba di beberapa negara terpapar COVID-19.

Joko Widodo, Presiden Relublik Indonesia, pada pernyataan resmi yang disampaikan pada Jumat (20/3/2020) mengatakan, sudah ada resep obat hasil riset dan pengalaman beberapa negara yang bisa diterapkan untuk mengobati pasien corona atau COVID-19.

Obat itu, kata dia, sudah dipesan dan akan segera dibagikan kepada pasien di seluruh Indonesia. “Obat tersebut akan sampai pada pasien yang membutuhkan melalui dokter keliling dari rumah ke rumah, melalui rumah sakit dan puskesmas di kawasan yang terinfeksi,” kata Jokowi.

Pada tahap awal, pemerintah telah menyiapkan 5 ribu paket obat penderita serangan virus Corona. “Kita telah mendatangkan 5.000. Akan kita coba, dan dalam proses pemesanan hingga 2 juta. Kita ingin sampaikan, kita tidak diam. Tapi mencari hal dan informasi apa yang bisa agar dapat selesaikan Covid-19 ini,” kata Jokowi.

Namun, dia mengakui, hingga saat ini belum ditemukan antivirus Corona. Yang ditemukan baru obat penyembuh penderita. 

“Mengenai antivirus sampai sekarang belum ditemukan dan ini yang saya sampaikan itu tadi obat. Obat ini sudah dicoba oleh 1,2,3 negara dan memberikan kesembuhan yaitu Avigan, kita telah mendatangkan 5.000 dan dalam proses pemesanan 2 juta. Kedua, Chloroquine Ini kita telah siap 3 juta, kecepatan ini yang kita ingin sampaikan kita tidak diam tapi mencari hal-hal, info-info apa yang bisa kita lakukan,” jelasnya.(jrl6)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here