oleh

Manado Dikepung Banjir, Walikota GS Vicky Lumentut Minta Warga Peka dan Waspada

MANADO,JURNAL6.COM- Tingginya intensitas curah hujan dengan kondisi sedang dan tinggi yang terjadi di Wilayah Kota Manado dan sekitarnya beberapa hari ini, mendapat perhatian serius dari Walikota Manado, DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA.Senin (02/03/2020). tengah malam, Walikota pilihan rakyat inipun langsung secara spontan mendatangi daerah daerah yang dikategorikan langganan banjir seperti, Pal 2, Tuminting, Mahawu, Karombasan dan di Kelurahan Sumompo.

Didampingi Kaban BPBD Kota Manado Donald Sambuaga bersama team, lelaki familiar inipun langsung meninjau lokasi banjir yang ada di Pal 2. Bahkan Walikota pilihan rakyat ini meminta agar masyarakat yang tinggal didaerah rawan banjir untuk terus peka dan waspada menyikapi persoalan alam .
Walikotapun mengimbau masyarakat Kota Manado untuk meningkatkan kewas padaan dan berhati-hati dalam beraktifitas disaat musim penghujan yang disertai terjangan angin kencang.

“Mari kita tetap waspada terutama yang berada di titik-titik rawan banjir, tanah longsor serta area publik yang memiliki pohon-pohon besar yang rawan tumbang,” ucap Vicky

Lebih jauh , Walikota menginstruksikan, kepada para Camat, Lurah dan Kepala Lingkungan, agar meningkatkan pemantauan dan sosialisasi bagi masyarakat yang tinggal di titik – titik rawan bencana seperti banjir dan tanah longsor, laporkan terus keadaan terkini dengan Perangkat Daerah terkait, yakni BPBD Kota Manado, Dinas Sosial Kota Manado, Dinas Lingkungan Hidup Kota Manado dan Satuan Polisi Pamong Praja kota Manado.

” Ini sudah menjadi tanggungjawab kita bersama pemerintah dan masyarakat, untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan, jangan membuang sampah sembarangan, apalagi di saluran air atau drainase, karena jika tersumbat dengan sampah, air akan meluap dan mengakibatkan banjir.” pungkasnya.

Sementara itu dibeberapa Wilayah, ada masyarakat yang diamankan oleh petugas BPBD dengan mengunakan perahu karet karena lokasi rumah yang ia tempati sudah terendam banjir termasuk beberapa sekolah dasar negeri dan swasta di Kota Manado.

(ONAl GAMPU )

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed