Bapelitbang Buat Kerja Sama Dengan CV Warna Hijau Konsultan

MANADO,JURNAL6.COM– Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan (Bapelitbangda) Kota Manado telah bekerjasama dengan CV Wana Hijau Consultan guna mengadakan pekerjaan Kajian Sustainable Development Goal’s (SDGs) yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan sosial dan ekonomi masyarakat, menjaga kelestarian lingkungan hidup dan memastikan terlaksananya pembangunan berkelanjutan melalui tata kelola yang inklusif.

Kepala Bapelitbangda Manado, Dr Liny Tambajong mengatakan bahwa 17 SDGs memiliki target yang berhubungan dengan agenda pembangunan daerah, dan sebagai bagian dari prioritas nasional dan komitmen internasional.

“Maka SDGs harus terintegrasi kedalam pembangunan daerah. Sebagai pembuat kebijakan, Pemerintah Daerah memegang kunci dalam menghubungkan SDGs dengan masyarakat. Pemerintah daerah berperan dalam mengkoordinasikan integrasi SDGs kedalam kebijakan pembangunan yang disesuaikan dengan potensi dan tantangan di daerah masing-masing,” Ujar Liny.

Lanjut Kaban Liny, ini juga perlu ada keselarasan antara RPJMD dengan SDGs, serta perlu ditentukan indicator SDGs yang sesuai dengan agenda pembangunan daerah.

“Ini juga dalam rangka memetakan keselarasan RPJMD dengan SDGs dan menentukan indicator SDGs yang sesuai agenda pembangunan daerah, serta mendukung upaya Pemerintah Provinsi dalam menyusun Rencana Aksi Daerah Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) sesuai dengan amanat Peraturan Presiden RI No. 59 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan maka Pemerintah Kota Manado melaksanakan kegiatan Kajian Pelaksanaan Pencapaian SDGs Kota Manado pada tahun 2018,” jelasnya

Ditambahkan Kaban Liny, maksud dan tujuan kegiatan tersebut adalah untuk Kajian Pelaksanaan pencapaian SDGs Kota Manado yang selanjutnya dapat memberikan gambaran mengenai tahapan pencapaian SDGs di Kota Manado, serta memetakan keselarasan RPJMD dengan SDGs dan menentukan indicator SDGs yang sesuai dengan agenda pembangunan daerah serta rekomendasi pencapaian SDGs Kota Manado.

(ONAl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *