Lima Kali Raih WTP Jadi ‘Cambuk’ Dalam Pengelolaan Keuangan Lebih Baik

Sangihe257 views

Sangihe, Jurnal6
Penghargaan lima kali berturut- turut mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, menjadi “cambuk” bagi Pemerintah Daerah Kabupaten Sangihe untuk dapat terus mempertahan predikat tersebut. Hal ini dikatakan Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe, Jabes Ezar Gaghana SE ME, di hadapan semua pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), PPK serta bendahara.

Ditegaskan Bupati, kinerja yang saat ini sementara dilaksanakan bukan hanya tanggung jawab OPD ke Pemerintah akan tetapi juga tanggung jawab kepada rakyat.

“Tahun ini kita mengalami ketambahan anggaran dari Rp 23 miliar menjadi 42 miliar itu karena kinerja. Sebab, salah satu parameter juga adalah hasil pemeriksaan BPK. Nah kalau kita gagal untuk hasilpemeriksaan BPK, maka kita adalah orang yang bertanggung jawab atasmenurunnya dana bagi hasil yang kita dapatkan karena kinerja,” ujar Gaghana.

Bupati juga berharap, tanggung jawab ini bukan hanya tanggung jawab OPD atau tanggung jawab yang dilakukan bukan hanya ke pemerintah, tapi tanggung jawab ini juga dilakukan adalah untuk rakyat.

“Karena keberhasilan yang kita capai terhadap laporan keuanganpemerintah daerah akan memberikan sumbangsih yang sangat baik terhadap proses ke depan untuk perjuangan kita mendapatkan bagi hasil yang lebihdan ini juga untuk masyarakat kita di Sangihe. untuk itu jangan sampaikita sudah mendapatkan penghargaan lima tahun berturut- turut WTP, terus di 2019 kita tersandung dengan sesuatu yang merusak tatanan itu,” kata Gaghana.

Dia juga menambahkankoordinasi masing- masing OPD sangat penting dan perlu menjadipenguasaan untuk semua, serta koordinasi dengan OPD terkait harusdilakukan sehingga tidak menjadi temuan BPK.(Ady)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *