Jelang Ivent Manado Fiesta Pemerintah Kota Gelar Upacara Adat Tulude

MANADO,JURNAL6.COM- Pemerintah Kota Manado, Bersama Ikatan Kekeluargaan Indonesia Sangihe, Sitaro dan Talaud (IKISST) akan menggelar upacara adat Tulude tahun 2020, secara akbar pada Rabu, 05 Februari 2020.

Hajatan setahun sekali ini akan digelar di alun-alun kota, tepatnya di lapangan Sparta Tikala Manado. Dimana direncana kan untuk prosesi arak-arakan kue Tamo Adat Tulude, nanti dimulai dari Gereja GMIM Sentrum Manado, kemudian melewati pusat kota, dimeriahkan dengan pergelaran seni dan budaya, baik itu masamper, tarian gunde, barongsai dan qasidah serta atraksi seni dan budaya lainnya disiapkan oleh panitia penyelenggara, dipastikan meriah dan menggambarkan identitas Manado sebagai Rumah Besar dari keberagaman, suku, budaya dan agama yang hidup rukun dan toleran.

Walikota Manado, DR, Ir. GS Vicky Lumentut, SH,M.Si, DEA. Minggu (02/02/2020). Menegaskan pelaksanaan upacara adat Tulude, ini sebagai komitmen kami Pemerintah Kota Manado, dalam melestarikan seni dan budaya di Kota Manado. Apalagi budaya Nusa Utara, ikut memperkaya budaya di Kota Manado yang begitu plural dan toleran.

“Saya mengajak masyarakat Kota Manado, untuk menjaga budaya kita, ini merupakan komitmen kami Pemerintah Kota Manado untuk melestarikan budaya yang kaya dan beragaman di kota Manado ini. Termasuk adat dan budaya asal Nusa Utara yang telah ikut memperkaya budaya di kota Manado.” ujar Walikota seraya mengundang semua warga Manado asal Nusa Utara untuk bersama-sama ada dalam upacara adat Tulude ini.

Diketahui sebelumnya beberapa waktu lalu, Pemerintah Kota Manado, melalui Dinas Pariwisata Kota Manado, bersama panitia pelaksana telah menggelar rapat sehubungan dengan pelaksanaan upacara adat Tulude dan perayaan Cap Go Meh, yang dipimpin oleh Kadis Pariwisata Kota Manado, Dra, Lenda Pelealu, M.Si, bertempat di ruang rapat Bapelitbanda

(ONAl/Hubmas )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *