Walikota GS Vicky Lumentut Sukses Hantar Manado Mendunia

0
96

MANADO,JURNAL6.COM- Kerja keras dan kerja cerdas yang selalu digaungkan Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA, dan Wakil Walikota Mor D Bastiaan SE membuahkan hasil. Dibawah kepemimpinannya, kota Manado tampil menjadi rival hebat untuk kota-kota lainnya dikancah nasional maupun internasional, dibuktikan dengan puluhan penghargaan yang diterimanya.

Walikota Manado DR. Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA terus berinovasi memajukan kota Manado sejak hari pertama dilantik, yaitu pada 9 Mei 2015, 4 tahun silam. Memimpin 527.007 jiwa warga Manado di 11 Kecamatan dan 87 Kelurahan bukanlah hal mudah, ungkap GSVL. Kemajemukan warga Manado yang beraneka suku, agama, ras dan golongan tersebut membuat GSVL membangun Manado menjadi rumah besar bagi semua.
Berdasar hal tersebut, ragam inovasi dilakukan GSVL, diantaranya yakni menyediakan pelayanan publik yang prima dan pro warga. Salah satu pelayanan public tersebut yakni layanan darurat Call Center Manado Siaga112 yang diluncurkan medio 6 desember 2017 lalu. Dimana dengan menghubungi nomer 112 tersebut, warga dapat mengakses langsung bantuan pemadam kebakaran, kepolisian, rumah sakit, BPBD, layanan ambulans, bantuan medis, Komnas Perlindungan Anak, Satpol PP, PLN, dan mobil jenazah. “Kami buka layanan in 24 jam nonstop, kami siapkan tiga shift,” tegas GSVL.
Bersambut, layanan Manado Siaga 112 dinominasikan dalam ajang kompetisi bergengsi se Indonesia yang diselenggarakan Contact Center World (CCW) pada April 2018, sebuah lembaga yang menilai pelayanan publik di seluruh dunia. Dalam kompetisinya, CCW tidak sekedar mencari pemenang, tetapi ajang berbagi ilmu dan pengalaman dari masing-masing finalis.
Manado yang meraih juara kemudian menjadi perwakilan Indonesia di tingkat Asia Pasifik di Makau pada Juli 2018. Selanjutnya, Manado kembali mengikuti seleksi yang diselenggarakan di Praha, Republik Ceko pada November 2018. Kali ini, Manado menjadi perwakilan untuk tingkat Asia Pasifik. “Dan hasilnya tahun 2018 layanan 112 Kota Manado menjadi yang terbaik secara internasional dari 16 negara yang dikompetisikan di sana,” kisah GSVL.
Ditahun 2019, Manado Siaga 112 juga mendapatkan sertifikat dari CCW perwakilan Kanada di lndonesia, untuk dua kategori, yakni Best Call Center dan Best Public Service kategori Most Improved City. Mewakili Indonesia, penghargaan kembali diraih Manado dalam iven yang sama. Call Center Manado Siaga 112 berhasil mempertahankan Ranking 1 Gold Medal pada kategori Best Emergency Call Center dan meraih ranking 3 Bronze Medal untuk Best Public Service, pada iven Top Perfomance Contact Center World Asia Pasific yang dilaksanakan di Hotel JW Marriot Phuket, Thailand Juli 2019. Puncaknya, Medali Emas diterima Manado dalam kompetisi Contact Center World Global 2019, di Hotel Fairmont Rey, Barcelona, Spanyol, 7 desember 2019.
“Keduanya meraih Ranking 1 Gold Medal pada kategori Best Emergency Call Center dan meraih ranking 3 Bronze Medal untuk Best Public Service,” beber GSVL sambil mengucap syukur karena inovasi tersebut berbuah manis.
Selain itu, pelayanan publik lainnya yakni membuat terobosan Mall Pelayanan Publik (MPP), dimana warga dapat mengurus aneka kebutuhan administratif secara prima dan cepat. Layanan perijinan, KTP, Akte Kelahiran, Akte Kematian, akte pernikahan dan peijinan lainnya dapat dilakukan di tempat tersebut. “Dari tahun ke tahun kami terus berbenah demi peningkatan pelayanan bagi warga Manado. Saat ini warga sudah bisa menikmati layanan di Manado Town Square (Mantos) sejak 28 Januari 2019 lalu,” ungkap GSVL sambil mengatakan Kantor MPP milik Pemkot sendiri sedang dibangun disamping Hotel Four Points.

“Ini semua karena anugerah Tuhan. Dan hasil kerja keras dan kerja cerdas dari Jajaran Pemerintah Kota Manado,” pungkas Ketua Dewan Pengawas APEKSI ini.

(ONAl GAMPU /Hubmas )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here