Kompor Meledak, Rudis Kalapas Tahuna Ludes Terbakar

Sangihe203 views

Sangihe, Jurnal6
Rumah Dinas (Rudis) Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Tahuna, di RT 01 Kelurahan Santiago, Kecamatan Tahuna Barat, Kabupaten Kepulauan Sangihe, ludes dilalap si jago merah. Peristiwa kebakaran rumah semi permanen itu terjadi pada Selasa (26/11/2019) sekira Pukul 14.30 WITA.

Dari pantauan di lokasi kebakaran, dibutuhkan waktu satu jam untuk memadamkan api yang berkobar sangat besar. Bantuan satu unit mobil Damkar, dan tiga unit mobil pengangkut air milik PDAM Sangihe silih berganti memadamkan api.

Dari keterangan saksi kunci, yakni Epson Barahama yang merupakan salah satu pekerja di Rudis Kalapas, saat itu istri Kalapas sedang memasak makanan. Namun, saat sedang memasak ternyata kompor minyak tanah kehabisan minyak. Lalu dia pun disuruh istri Kalapas agar mengisi ulang kompor tersebut.

“Kejadiannya waktu itu, istri Kalapas sedang memasak makanan. Tapi saat sedang memasak itu, kompor minyak kehabisan isinya. Ibu panggil saya untuk mengisi kompor itu, saat saya mau mengisi kompor, tiba-tiba kompor meledak. Saya panik dan melemparkan kompor itu ke lantai dapur. Rupanya api makin membesar dan membakar dapur bagian belakang rumah.” katanya.

Ditanya apakah saat itu dia langsung menelefon pemadam kebakaran, Barahama membantahnya. Yang terlintas saat itu dipikirannya, menyelamatkan kompor lain yang berada di dalam dapur.

“Saya langsung ambil kompor yang satu lagi yang ada di dalam dapur. Saya takut kompor itu ikut meledak juga. Maka saya ambil dan taruh di luar. Saat itu kami ada empat orang di dalam rumah, dan syukurlah tidak ada korban jiwa.” ungkapnya.

Sementara itu Kalapas sendiri tampak masih trauma atas kejadian tersebut. Dan dirinya pada saat kejadian tidak ada di rumah. Masih sementara ada di kantor Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Tahuna. Dan pada saat kejadian itu belum bisa dimintai keterangan. Walaupun tidak ada korban jiwa, namun diperkirakan kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah. (Ady)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *