Gempa 7,4 Magnitudo Guncang Sulut, BMGK Keluarkan Peringatan Dini Tsunami

0
253

Manado, Jurnal6 – Gempa berkekuatan 7,4 Magnitudo mengguncang wilayah Maluku Utara (Malut) dan Sulawesi Utara (Sulut). Data dikeluarkan BMKG, gempa pada pukul 00:17.41 Wita, berada pada lokasi 1.63 LU, 126.40 BT, 134 km Barat Laut Jailolo, Malut, dengan kedalaman 10 km.

BMKG pun mengeluarkan peringatan dini tsunami 1 untuk diteruskan kepada masyarakat, Jumat (15/11/2019)

Daerah yang berpotensi tsunami berdasarkan pemodelan yakni Halmahera dengan status peringatan waspada, Kota Bitung dengan status peringatan waspada dan Kota Ternate dengan status peringatan waspada.

Dengan status peringatan waspada, BMKG merilis status peringatan agar Pemerintah Provinsi/kabupaten/kota yang berada pada status waspada, segera mengarahkan masyarakat untuk menjauhi pantai dan tepian sungai.

Saat gempar terjadi, warga Kota Manado, Bitung hingga Amurang, berhamburan keluar. Pasalnya, gempa tadi dirasakan sangat kencang di tiga kabupaten ini. “Kami harus lari keluar rumah untuk menghindari jatuhnya bagian bangunan. Beruntung, tidak terjadi apa-apa,” kata Melky Masinambouw, warga Amurang.

“Doa kami bersama, mudah-mudahan tidak ada korban jiwa dan warga Malut serta Sulut berada dalam lindungan Tuhan,” harap Vivi Willem dan diaminkan Anneke Langitan, warga Manado.(rul mantik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here