Pemkab Sangihe Dapat Bantuan Kapal Cepat dari Pemerintah Pusat

Sangihe202 views

Sangihe, Jurnal6
Untuk menunjang kelancaran aktifitas Pemerintah Daerah Kabupaten Sangihe, khususnya sarana transportasi laut, Dinas Perhubungan mengadakan pembuatan Kapal Cepat. Proyek akhir Tahun 2019 ini, penganggarannya bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Afirmasi sebesar Rp2.345.000.000. spesifikasi kapal, yakni, panjang 12 meter danlebar 2,80 meter dengan kapasitas mesin 500 PK.

Hal ini dibenarkan Kepala Dinas Perhubungan Sangihe, Frans Purawou ketika dikonfirmasi di ruang kerjanya. “Jadi, Tahun 2019 ini diadakan pembangunan kapal cepat dengan mesin 250 PK dua buah, yang bersumber dari dana DAK Afirmasi. Dan prosespekerjaannya saat ini di Cengkareng Jakarta Barat,” ungkap Purawou.

Nantinya dengan adanya kapal ini, akan membantu aktifitas dari pemerintah Daerah khususnya saat melaksanakan tugas atau kunjungan kerja ke wilayah pulau terluar.

“Kan kita tahu bersama bahwa sanya Kabupaten Sangihe memiliki banyak pulau terluar, sehingga dengan adanya kapal ini dapat membantu program pemerintah daerah,” katanya.

Disinggung soal proses pengadaan dan pemenang tender, Purawou menjelaskan, pengadaan dilakukan lewat online terbuka bagi siapa saja yang mendaftar.

 “Jadi setiap tahun kita bersyukur mendapatkan DAK Afirmasi terkait pengadaan kapal. Sedangkan untuk proses tendernya dilakukan secaraonline lelang terbuka. Syarat utama pemenang tender ini harus mempunyai tempat galangan kapal, maka pihak perusahaan dari luar daerah yang mendapatkannya, karena kita disini tidak ada tempat galangan kapal,” jelasnya sembari menambahkan selain pengadaan kapal, tahun ini juga pemerintah daerah menganggarkan pengadaan kendaraan melalui DAK Afirmasi. (Ady)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *