JEG-HH Launching Call Centre Persampahan di Kota Tahuna

Sangihe665 views

Sangihe, Jurnal6
Memperingati Hari Pahlawan ke-74 Senin (11/11/2019), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Sangihe melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) melauncing Call Center Layanan Persampahan. Launching ini dibuka langsung oleh Bupati Jabes Ezar Gaghana SE ME (JEG) dan Wakil Bupati Helmut Hontong SE (HH) usai pelaksanaan upacara memperingati Hari Pahlawan ke-74.

Bupati dalam kesempatannya menyatakan, Call Centre Layanan Persampahan dapat menjadi solusi pelayanan sampah di Kabupaten Kepulauan Sangihe.

“Call Center Layanan Persampahan dari Dinas Lingkungan Hidup, bisa menjadi solusi tentang persampahan yang ada di Kabupaten Kepulauan Sangihe. Saya berharap dengan adanya launcing tersebut, bisa membuat masyarakat tidak lagi membuang sampah sembarangan. Terlebih lagi membuang sampah ke laut, karena sama-sama kita ketahui saat ini kita dalam keadaan darurat sampah plastik,” tegasnya.

Sementara itu secara terpisah, PLH Dinas Lingkungan Hidup Ronald Izhak mengungkapkan, dengan  di launchingnya Call Centre PelayananPersampahan ini dapat dimanfaatkan masyarakat Kabupaten Kepulauan Sangihe. semisalnya saja ada petugas sampah yang terlewat mengangkutsampah di rumah masyarakat tersebut, warga dapat langsung menelfon ke call centre.

“Jika ada petugas yang terlewati melayani masalah persampahan, itu mekanismenya masyarakat dapat menelfon ke call centre. Pada saat ditelfon kita akan Quick Respon , dengan tata-cara kita akan menelfon petugas ditempat tersebut,” ucap Izhak.

Lanjut dikatakannya, jika petugas sampah di lokasi tersebut ternyata sedang berada jauh dari lokasi penelfon, maka Dinas Lingkungan Hidup akan mengatasi hal tersebut dengan menyiapkan kendaraan Quick Respon.

“Kalau petugas sampah yang kita hubungi ternyata dalam posisi jauh dari lokasi penelfon, maka kita akan mengerahkan kendaraan QuickRespon yang ada di Kantor Dinas Lingkungan Hidup. Jadi kita sudah stanby dengan tiga motor sampah yang ada di kantor,” terang Izhak.

Dirinya menambahkan, jika Call Centre Layanan Persampahan tidak dibuka setiap hari. Layanan persampahan hanya beroperasi dari hari Senin hingga Hari Sabtu.

“Layanan kita buka dari jam 07.00 Wita sampai 17.00 Wita, dari hari Senin sampai Sabtu. Kalau di hari Minggu kita off,” jelas Izhak.

Dirinya pun berharap dengan adanya layanan ini, masyarakat dapat pro aktif bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup, dalam mengatasi masalah persampahan di Kabupaten Kepulauan Sangihe. Demi terwujudnya Sangihe sebagai pulau yang bebas sampah.

“Harapannya dengan adanya call centre ini, masyarakat dapat memanfaatkan layanan persampahan. Dan pastinya tentang persampahan ini membutuhkan kesadaran dari masyarakat, kita butuh kerjasama antara masyarakat dan pemerintah. Kita memberikan pelayanan, masyarakat dalam bentuk kesadaran tentang sampah, yakni tidak membuang sampah sembarangan,” pungkasnya.(Ady)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *