Kegiatan PKM Unsrat, Nelayan Dibekali Ilmu Energi Terbarukan

Manado180 views

Manado, Jurnal6 
Kelompok nelayan pesisir pantai Malalayang mendapatkan pengetahuan mengenai energi terbarukan. Itu diperoleh melalui kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM). Workshop ini digelar pada Kamis 10 Oktober 2019.

Kegiatan ini merupakan implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi Universitas Sam Ratulangi. Program ini bertujuan memberikan pemahaman dan pengetahuan pentingnya sumber daya alam yang ada di Sulawesi Utara.

Tampil sebagai pemateri, Hesky Stevy Kolibu SPd ST MT dan DR Glanny Mangindaan ST MT, selaku ketua Pusat Studi Energi di Unsrat. “Ada banyak pengetahuan yang bisa didapatkan nelayan melalui kegiatan ini, mengenai energi terbarukan, sumbernya dan dampaknya bagi kehidupan manusia,” tutur Kolibu.

Kata dia, pemanfaatan energi terbarukan untuk mendukung aktivitas nelayan terus dikembangkan. Selama ini, untuk keperluan penerangan dan motor penggerak perahu nelayan misalnya, masih menggunakan bahan bakar minyak. Namun, lewat kegiatan ini diperkenalkan bagaimana menggunakan potensi energi terbarukan yang jauh lebih efiesien juga ramah lingkungan.

Tak hanya mengenal apa dan bagaimana tentang energi terbarukan, peserta juga diberikan kesempatan untuk melakukan praktek langsung di laboratorium Fakultas Teknik Elektro Unsrat.

“Tentunya kami sangat berterima kasih dengan adanya kegiatan ini, karena banyak sekali ilmu pentahuan dan pengalaman baru yang kami dapat. Harapan ke depan kegiatan seperti ini bisa terus dilakukan,” kata Ketua Forum Nelayan, Sudirman Hililo.(lla)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *