Kadis PUPR Targetkan Proyek 2020 Dilelang Tahun ini

MANADO,JURNAL6.COM — Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) menjadi salah satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang penyerapan anggarannya minim hingga triwulan ketiga.

Ini terungkap dalam Rapat Evaluasi Penyerapan dan Realisasi Anggaran (EPRA) di Ruang Serbaguna Kantor Wali Kota Manado, awal pekan ini.

Kepala DPUPR Peter Assa menjelaskan, fenomena ini hampir terjadi tiap tahun, kecuali pada 2017 lalu. Menurut dia, minimnya penyerapan anggaran hingga triwulan III lantaran lambatnya perencanaan untuk proyek-proyek fisik yang akan dilaksanakan.

“Saat ini, kami sedang mengupayakan agar proyek-proyek fisik yang akan dilaksanakan 2020 mendatang, dilelang tahun ini. Supaya masuk Januari sudah bisa langsung running sehingga masuk triwulan ketiga sudah selesai dan penyerapan anggaran bisa tinggi,” terang Assa.
Diapun menyatakan, pihaknya kini sementara menggenjot perencanaan proyek untuk diselesaikan paling lambat November.

“Jika perencanaan sudah selesai, ketika APBD 2020 diketuk pada Desember mendatang, proyek bisa langsung masuk tahap lelang,” sebutnya.
Lanjut dia, proyek tersebut akan dilelang bersyarat menggunakan pakta integritas kepada kontraktor selaku penyedia jasa. Dalam pakta integritas, penyedia jasa bersedia menandatangani kontrak setelah terbitnya DPA.

“Jika ini semua terlaksana dengan baik. Maka dipastikan pada tahun depan penyerapan anggaran DPUPR berada di deretan teratas,” pungkas mantan Kepala Dinas Pariwisata Manado ini.

(ONAl GAMPU )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *