Dinas Kesehatan Minta Warga Waspadai Penyakit Demam Berdarah Dangue

MANADO,JURNAL 6.COM- – Plt.Kepala Dinas Kesehatan Kota Manado dr. Ivan Marthen Sumenda mengimbau masyarakat mengenai pentingnya mewaspadai demam berdarah dengue (DBD) saat memasuki musim hujan, yang biasanya berlangsung sekitar akhir bulan September.

“Kita juga harus antisipasi saat ini sudah mulai memasuki musim awal penghujan dari kemarau yang panjang, perlu diwaspadai adanya peningkatan populasi nyamuk,” ujarnya.

Ivanpun menuturkan, ketika musim hujan, tempat yang bisa menampung air seperti kaleng dan botol bekas dapat menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk nyamuk Aedes Aegypti yang menjadi vektor atau serangga penular penyakit DBD.

“Populasi nyamuk meningkat apabila ada tempat-tempat pengembangbiakan, musim hujan akan memungkinkan untuk nyamuk tumbuh cepat menjadi banyak,”ucapnya.

Oleh karena itu diingatkan pentingnya perubahan perilaku masyarakat untuk ikut memberantas sarang nyamuk. Dan strategi pencegahan dan pengendalian penyakit DBD antara lain dengan gerakan masyarakat untuk hidup sehat melalui 3M, yaitu menguras tempat-tempat penampungan air secara rutin, menutup tempat penampungan air

“Kegiatan ‘Satu Rumah Satu Jumantik’ didorong agar setiap rumah memiliki satu orang anggota rumah yang melakukan pemantauan jentik nyamuk dan pemberantasan sarang nyamuk di lingkungan rumah sendiri.” pungkasnya

(ONAl GAMPU )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *