Wabup Helmud Hontong Irup Hari Kesaktian Pancasila Sekaligus Buka TMMD ke-106

Sangihe118 views

Sangihe, Jurnal6
Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe, Helmud Hontong SE (HH), Selasa (1/10/2019) jadi Inspektur Upacara (Irup) Hari Kesaktian Pancasila. Dia, sekaligus membuka secara resmi pelaksanaan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-106. Kegiatan ini digelar di lapangan Papanuhung Santiago, Tamupungang Lawo.

Dalam sambutanya HH mengatakan, TMMD yang digelar di wilayah Teritorial Kodim 1301/Sangihe digelar dengan tujuan, percepatan pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat Sangihe.“Terima kasih kepada Danrem 131/Santiago karena telah mengalokasikan kegiatan TMMD boleh dilaksanakan di wilayah Sangihe. Kegiatan TMMD ini adalah salah satu bentuk pengabdian TNI kepada rakyat bahwa TNI itu dari rakyat untuk rakyat dan bertujuan untuk menciptakankemanunggalan TNI dengan rakyat,” ucapnya.

Lanjutnya, diharapkan, program-program yang sudah direncanakan oleh TNI dapat terlaksana dengan baik dan bermanfaat bagi masyarakat di Kabupaten Sangihe.“Kiranya melalui kegiatan program TMMD ini dan seterusnya akan semakin membangun kerjasama yang baik antara pemerintah daerah dan unsur TNI untuk  semakin giat dalam membangun bangsa dan negara yang dimulai pembangunan di  daerah-daerah. Selamat dan sukses untuk program TMMD tahun 2019, Tuhan senantiasa memberkati Tentara Nasional Indonesia dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab,” ungkap HH.

Sementara itu, Danrem 131/Santiago, Brigadir Jenderal Joseph Robert Giri SIP MSi, ditemui usai pelaksanakan upacara mengatakan, TMMD ini dibuka dengan beberapa tujuan. Tujuan utama dilaksanakanya kegiatan ini sebenarnya hanya manunggal dengan rakyat. Sedangakan untuk kegiatan kata Robert, dibagi dengan dua sesi yaitu kegiatanfisik dan kegiatan non fisik.

“Tetapi kegiatan yang paling penting disini adalah bukan kegiatan fisiknya, tetapi kegiatan non fisik. Dimana sasaran utama kita adalah membangun  bagaimana kesadaran bela negara,” katanya.

Dirinya pun berharap, ke depan daerah Kabupaten Sangihe akan semakin maju, semakin sejahterah. Serta dirinya mengucapkan banyak terima kasih terhadap  Pemkab Sangihe. Dimana, sejauh ini sudah banyak mendukung program  TNI.

“Saya pribadi mengatasnamakan TNI mengucapkan terimakasih kepadaPemkab  Sangihe dan seluruh jajaranya, yang mana sudah memfasilitasiatau  mengakomodir kegiatan ini, sehingga berlangsung dengan baik dankepada  masyarakat Sangihe telah berpartisipasi,” ujarnya.

Komandan Kodim 1301/Sangihe, Letkol Inf Saiful Parenrengi MPsi selaku Dan Satgas TMMD dan wakil Bupati Bapak Helmud Hontong SE menandatangani naskah TMMD ke-106,pembangunan jalan sepanjang  2250 m, lebar 8 m dan pembangunan rumah tiga pilar disaksikan oleh Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Joseph Robert Giri SIP MSI.

“Penandatanganan naskah ini adalah salah satu bukti kerjasama antaraKodim 1301/Sangihe dengan PemKab Sangihe dalam hal percepatan pembangunan daerah  terpencil dalam hal ini pembangunan jalan dan rumah tiga pilar,” ujar Dandim.

Sementara terpantau Pembukaan TMMD ke-106 yang digelar di wilayah Teritorial Kodim 1301/Sangihe TA 2019, diisi dengan kegiatan Bakti Sosial berupa pelayanan  KB, donor darah, pengobatan gratis, pembagian 200 paket sembako gratis. (Ady)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *