Gubernur Olly : Sulawesi Utara Laksana Permata Merah Delima Dari Timur

Berita Utama252 views

Jurnal6.com Manado – Peringatan HUT ke 55 tahun Sulawesi Utara tahun 2019 dilakukan melalui rapat paripurna DPRD Sulut Senin (23/9-2019).

Rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Sulut Andrei Angouw didampingi Wakil Ketua Victor Mailangkai, turut dihadiri Gubernur Olly Dondokambey dan wakil Gubernur Steven OE Kandouw.

Dalam sambutan pembukaan rapat paripurna, Ketua DPRD Andrei Angouw mengajak masyarakat untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan yang merupakan  amanah dari  kedamaian yang telah dilakukan selama ini.

“ Keamanan dan kedamaian merupakan syarat utama untuk menciptakan kesejahteraan masyarakat,” ujar Angouw.

Sementara itu Gubernur Olly mengatakan,  peringatan HUT ke-55 Provinsi Sulut menjadi momentum untuk melipat gandakan semangat, sumberdaya dan kekuatan untuk merealisasikan Sulawesi Utara sebagai Pacific Gateway of Indonesia.

Menurutnya, eksistensi Provinsi Sulut yang diraih tahun demi tahun, sejatinya tidak terlepas dari perjuangan dan kerja keras para leluhur,  pejuang dari Sulawesi Utara yang telah merancang dan meletakkan dasar dasar pembangunan.

“Dr. Sam Ratulangi sebagai tokoh multidimensional. Tahun 1937, mengarang  buku Indonesia Di Pasifik dan menuliskan konsep dasar Sulawesi Utara sebagai Pintu Gerbang Indonesia di Pasifik. Jadi, ide tentang geoposisi dan geostrategi sudah dibahas sejak 82 tahun lalu, bersama dengan falsafah Sitou Timou Tumou Tou,” kata Olly.

Lanjut Olly, posisi Sulut di bibir pasifik memberikan akses yang luarbiasa sehingga keunggulan komparatif dan kompetitif sudah berada di Sulut.

“Sulawesi Utara di era revolusi industri empat titik nol (four point zero) saat ini telah membuktikan kemampuan daya saing dan daya juang pada hampir semua aspek sehingga kita terus bergerak cepat mencapai target pembangunan sekaligus mencetak prestasi,” tandas Olly.

“Sukses pembangunan Sulut Hebat juga ditopang oleh pendekatan dan strategi kebijakan yang mampu mendorong pengembangan ekonomi wilayah, mengangkat kesejahteraan rakyat serta didukung oleh kebutuhan, perkembangan dan kondisi eksternal negara mitra dikawasan pasifik,” sambung Olly.

Disamping itu, tambah Olly, keberhasilan tidak terlepas dari sinergitas yang solid bersama pemerintah pusat dengan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, yang sangat menaruh perhatian pada Sulawesi Utara, bahkan menetapkan Sulut sebagai lokasi Super Prioritas pembangunan pariwisata serta sudah merancang begitu banyak proyek-proyek strategis dalam Rancangan Teknokratik RPJMN 2020-2024

“Dari kacamata pemerintah pusat, Sulawesi Utara laksana permata merah delima dari timur bercahaya di ujung utara peninsula pulau Sulawesi dengan prestasi dan capaian yang sangat signifikan,” ungkap Olly.* (stem)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *