Kualitas Udara di Wilayah Sulut Masih Normal

0
33
Kadis DLHD Sulut Ir.Marly Gumalag

Jurnal6 manado – Musim kemarau yang berkepanjangan ternyata belum berdampak signifikan mengurangi kualitas udara di Kota Manado bahkan Sulawesi Utara secara keseluruhan.

Berdasarkan Index Standar Pencemaran Udara (ISPU), kondisi udara kota Manado masuk dalam kategori sedang (norma)l yakni berada pada skala level di antara 51-100.

Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup Daerah (DLHD) Sulut Ir. Marly Gumalag,  secara keseluruhan di wilayah Sulut dari laporan yang masuk  di 12 kabupaten/kota yang memiliki alat Air Quality Monitoring Sistem (AQMS) rata-rata tergolong baik. Hal tersebut berdasarkan indeks yang ada yakni di kisaran 91,07.

“Yang pasti udara di seluruh wilayah Sulawesi Utara  tergolong normal dan aman berada dilevel 91,07 sementara secara nasional  berada dilevel 84,74. Artinya kondisi udara di Sulawesi Utara cukup baik dan normal. Semantara kalau  ISPU berada di level 100-199 itu berarti menunjukan kualitas udara tidak sehat, “ ungkap Kepala Dinas Lingkungan Hidup daerah (DLHD) Sulut Marly Gumalag Kamis (19/9-2019).

Ditambahkannya mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 41 Tahun 1999 tentang Pengendalian Pencemaran Udara dan Undang Undang Nomor 23 Tahun 1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup, baku mutu udara di daerah ini  baik dan berada di bawah ambang batas.

“Masyarakat tidak perlu khawatir karena  kualitas udara di wilayah Sulawesi Utara masih baik dibanding daerah lainnya di Indonesia,” pungkas Gumalag. (stem)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here