Syahbandar Amurang Pelopori Gerakan Bersih Laut dan Pantai di Minsel

0
73

Amurang, Jurnal6
Gerakan bersih laut dan pantai dilakukan serentak di seluruh Indonesia. Kegiatan ini disponsori Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Laut (Hubla). Salah satunya di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel).

Ratusan warga Minsel ikut dalam acara pada Kamis (12/9/2019). Bahkan, Bupati Minahasa Selatan Christiany Eugenia Paruntu, Perwira Penghubung TNI, Jimmy Lotulung serta sejumlah pejabat Pemkab lainnya, ikut hadir dalam kegiatan ini.

Ketua panitia gerakan bersih laut dan pantai, Capt Rahman Rani SH MM mengatakan, kegiatan ini dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia. “Kami melakukan kegiatan ini secara serentak. Mulai dari Indonesia bagian Timur, Tengah dan Barat,” katanya.

Dalam aksi bertajuk “Laut Bersih Bikin Baper” ini, peserta berhasil mengumpulkan 3 ton sampah. Lokasi pengambilan sampah dilakukan di pantai dan laut wilayah Kelurahan Pondang, Kecamatan Amurang Timur. “Setelah kami timbang, juga jumlah keseluruhan sampah yang berhasil kami angkat sebanyak 3 ton,” ungkapnya.

Kegiatan ini kemudian dilanjutkan dengan acara senam Zumba dan sarapan pagi bersama. “Kami berharap, kegiatan ini mampu mendorong warga untuk tidak lagi membuang sampah di sungai dan pantai. Sebab, sebagian besar sampah itu akan bermuara di laut,” ajak Edwin Maengkom, salah satu Kepala Harian Pelabuhan Amurang.(rul mantik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here