Wakil Walikota Mor Bastiaan Hadiri Mayor Caucus 2019 di Kota Bogor

MANADO,JURNAL6.COM- Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan, ikut menghadiri undangan Pengurus Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia (IAP) yang bekerjasama dengan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) dan Pemerintah Kota Bogor selaku tuan rumah.
Hajatan bertajuk “Mayor Caucus 2019 dan Kongres Internasional Perencanaan Wilayah dan Kota/ISOCARP WORLD PLANING CONGRESS 2019 Ke-55 dipusatkan di Jakarta, Balaikota Bogor Senin (09/09/2019).

Mayor Caucus 2019 merupakan pertemuan seluruh Walikota di Indonesia yang bertujuaan untuk mendiskusikan implemen tujuan ke-11 SDGs yaitu, menjadikan Kota dan pemukiman Inklusif, aman, tangguh, dan berkelanjutan.

Acara Inipun merupakan rangkaian dari acara Kongres ke-55 Perencanaan Kota Sedunia (55th ISOCARP World Planing Congcress 2019) yang bertemakan “Beyond The Metropolis.yang dilaksanakan dari tanggal 9-13 September 2019 di Hotel Borobudur Jakarta.

Dinamika pembangunan terus berubah sesuai dengan kemajuan peradaban manusia. Tantangan-tantangan yang semakin kompleks menuntut pelaku pembangunan untuk menyesuaikan diri dan menyusun strategi-strategi baru yang relevan dengan isu yang dihadapi serta mampu menjamin keberlanjutan bagi generasi mendatang.

Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau dikenal dengan “Sustainable Development Goals” (TPB/SDGs) hadir sebagai sebuah paradigma yang menawarkan pembangunan yang komprehensif dan holistik untuk setiap dimensi kehidupan, yang tidak hanya mendahulukan kepentingan ekonomi, melainkan juga memberi ruang untuk terciptanya kohesivitas sosial dan keberlanjutan lingkungan. Dan salah satu pilar tujuan pembangunan berkelanjutan, yakni tujuan 11 TPB sangat erat kaitannya dengan
kota-kota. Tujuan 11 TPB ini berfokus untuk mencapai kota dan permukiman yang inklusif, aman, tangguh, dan berkelanjutan. Semakin banyaknya penduduk yang memilih untuk tinggal di perkotaan (sebesar 53% pada tahun 2014 menurut UN Indonesia, 2017) membuka lebih banyak kesempatan untuk maju di satu sisi.

Ikut hadir seluruh Walikota Se-Indonesia, Ketua IAP Ir. Bernardus, Dirjen Tata Ruang Kementerian ATR/BPN, Dirjen Pengem bangan Daerah, Kementrian Dalam Negeri , Gubernur Provinsi Jawa Barat H. Mochamad Ridwan Kamil, serta para undangan.

(ONAl GAMPU)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *