oleh

Royke Sondakh: Saya Terlahir dari Keluarga Sederhana

-Minsel-187 views

Amurang, Jurnal6
Warga Minahasa Selatan (Minsel) dihebohkan dengan munculnya sosok pria dermawan serta sederhana. Namanya Royke Sondakh. Bak mata air muncul di kemarau panjang, ROSO, sebutan akrabnya seakan mengobati dahaga berkepanjangan rakyat Minsel.

Sejumlah kegiatan sosial dilakukan putera asli Minsel ini. Tak terkecuali, memberi pasokan beras untuk warga kurang mampu, memberikan bantuan untuk kegiatan keagamaan, bahkan ikut menunjang kegiatan ekonomi kerakyatan dan kebudayaan rakyat. Tak sedikit anggaran yang dia keluarkan untuk membantu ribuan warga kurang mampu dan pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM).

Aksi sosial pria low profile ini sontak memantik simpati puluhan ribu warga Minsel. Tak ada yang menduga bahwa Minsel punya  aset berharga yang lama terpendam di bawah  hiruk-pikuk politik dan sosial Kabupaten Minsel. Siapa sebenarnya lelaki fenomenal ini? Bagaimana keberhasilan itu dia peroleh?

ROSO mengaku, aksi sosial ini dilakukan karena pengalaman masa lalu. “Saya terlahir dari keluarga sangat sederhana. Pengalaman hidup saya sangat keras,” katanya.

Di usia masih sangat belia, ROSO berupaya untuk membantu orang tuanya. Untuk mendapatkan tambahan pendapatan, dia harus berjualan es Mambo. “Saya harus keluar masuk beberapa desa untuk menjajakan es. Bahkan, saya harus berjalan berkilo-kilo meter agar dagangan saya bisa terjual,” kenang ROSO.

Kerasnya hidup di masa kecil membuat ROSO mengambil keputusan untuk keluar daerah. Dia tidak ingin terus menerus hidup dalam kekurangan. Akhirnya, ROSO mengambil keputusan merantau di Jakarta, Kalimantan dan Papua.

Usahanya itu akhirnya membuahkan hasil. “Dengan melakukan penghitungan pendapatan dan pengeluaran yang teliti dibarengi kerja keras, penghasilan saya mulai terlihat. Saya pun bersyukur, usaha saya tidak sia-sia, Tuhan telah memberkati keluarga saya,” paparnya.

Kehidupannya yang keras mendorong dia membantu banyak orang. “Saya tahu artinya hidup susah, sebab saya benar-benar merasakannya sendiri. Saya berharap warga Minsel akan hidup lebih baik dibandingkan kehidupan masa lalu saya,” harap pria yang diminta warga Minsel untuk ikut calon Bupati Minsel di Tahun 2020.(rul mantik)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed