Terminal Bandara Sam Ratulangi Manado Bakal Tampung 6 Juta Penumpang

Berita Utama732 views

Jurnal6 Manado- Perluasan terminal Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado dipastikan akan dikerjakan akhir tahun ini.

Salah satu alasan dilakukan perluasan bandara yang menjadi kebanggan masyarakat Sulawesi Utara adalah  mengantisipasi pertumbuhan wisatawan yang mengalami peningkatan signifikan terutama kalangan turis mancanegara.

“ Direncanakan perluasan terminal Bandara Sam Ratulangi Manado sampai ke terminal kargo dengan luas keseluruhan 56.000 m2 yang sebelumnya hanya 26.000m2. Sementara untuk daya tampung  penumpang juga mengalami peningkatan dari 2,5 juta menjadi 6 juta penumpang  per/tahun “ ungkap Angga Maruli  Humas  PT. Angkasa Pura I Manado kepada wartawan Selasa (13/8-2019).

Ditambahkannya,  pertumbuhan pariwisata melalui penerbangan internasional  Bandara Sam Ratulangi Manado sejak Januari hingga Juni 2019 mengalami peningkatan sebesar 5 persen yang didominasi wisatawan asal Tiongkok.

“ Terjadi peningkatan sebesar 5 persen kedatangan turis mancanegara melalui Bandara Sam Ratulangi yang dilayani tiga maskapai yakni Silk Air (regular), Sriwijaya Air (regular) serta Lion Air (carteran).

Lanjut Maruli, dengan adanya perluasan terminal, nantinya diikuti dengan penambahan 2  Garbarata (tangga belalai) mengakomodir penambahan rute khususnya rute Internasional .

“ Nanti ada penyesuaikan dengan menambah 2 Garbarata  dari 4 yang sudah ada saat ini untuk mengakomodir kebutuhan rute baru penerbangan nanti,  sekaligus wujud dukungan Angkasa Pura terutama  program Pak Gubernur Olly Dondokambey  maupun pemerintah daerah untuk mendatangkan semakin banyak wisatawan di daerah ini. Prinsip kami adalah menjaga kesan pertama dan kesan terakhir dalam memberikan layanan  bagi tamu- tamu dan wisatawan yang berkunjung ke Sulawesi Utara, “ pungkasnya. (stem)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *