DPRD Sulut Sepakat Pertanggungjawaban APBD 2018 Gubernur Disahkan Menjadi Perda

0
76

Jurnal6 Manado – Rapat paripurna DPRD Sulut yang digelar Senin (8/7/2019) akhirnya menyepakati  pertanggung jawaban APBD 2018 Gubernur ditetapkan menjadi peraturan daerah (Perda).

Meski menyepakati pertanggung jawaban APBD 2019, rapat paripurna yang dipimpin ketua DPRD AndreiAngouw didampingi tiga wakil ketua masing-masing Wenny Lumentut, Marthen Manopo, dan Stevanus Vreeke Runtu memberikan 23 poin catatan kepada Gubernur untuk menjadi bahan evaluasi.

Gubernur Olly Dondokambey menyambut positif serta apresiasi atas upaya DPRD  Sulut yang telah berupaya secara maksimal bersama pihak eksekutif membahas pertanggungjawaban .

 “Saya atas nama Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, mengucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan yang tinggi kepada saudara Ketua, para Wakil Ketua dan segenap Anggota DPRD Sulut, atas penyelenggaraan rapat paripurna ini, sekaligus keputusan diterimanya Ranperda,” kata Olly.

Lanjut Olly, sebagai salah satu tahapan dalam siklus penyelenggaraan pemerintahan, dipahami bahwa tahapan pertanggungjawaban memiliki bobot yang tinggi karena substansi utama dari tahapan ini adalah kesinambungan proses pembangunan daerah yang berkorelasi dengan pembangunan bangsa.

“Melalui tahapan ini kita akan mampu mengukur keberhasilan proses pembangunan yang telah dilaksanakan, sekaligus mengambil patokan atau tolak ukur guna penyelenggaraan pembangunan kedepan,” ujar Olly.

Menurut Gubernur, hal  tersebut sudah dilakukan pemerintahan OD-SK dimana banyak program daerah yang sinergi dengan program nasional. 

Salah satunya Intervensi untuk percepatan pembangunan infrastruktur termasuk aspirasi masyarakat yang disampaikan dalam setiap kegiatan reses DPRD. Pemerintah menurutnya tetap menyesuaikan apa yang jadi masukan ke dewan.

Begitupun masalah kopra yang menjadi keluhan petani telah ditindak lanjuti pemerintah dengan melakukankoordinasi bersama pemerintah pusat untuk regulasi pajak pertanian. (stem)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here