oleh

Kumaat: Jadilah SDM Yang Berkualitas dan Siap Pakai

-Manado-45 views

Manado, Jurnal6
Sebanyak 889 wisudawan, kembali dihasilkan Unsrat dalam acara Wisuda Periode IV Tahun Akademik 2018/2019, Kamis (16/5/2019) di auditorium kampus tersebut.Rektor Unsrat, Prof Ellen Kumaat kembali mengingatkan agar para wisudawan mampu menjadi sumber daya manusia (SDM) yang handal, hanya mengejar jabatan semata, melainkan menjalankan fungsi dan peran yang dibutuhkan oleh masyarakat dan bangsa. “Jagalah kualitas dan relevansi yang dimiliki sehingga dapat diserap oleh pasar kerja,” ujar Kumaat.

Lanjut Rektor, dengan perkembangan yang pesat di berbagai bidang saat ini, hard skill bukan lagi satu-satunya kemampuan yang harus dimiliki. Tetapi juga soft skill menjadi kemampuan yang dibutuhkan untuk mengembangkan karir. “Kapasitas soft skill jelas tidak bisa digantikan oleh robot. Kunci penting untuk keberhasilan adalah kemampuan untuk bekerja sama, berkomunikasi, etika dalam bekerja, working performance, empati dan kecerdasan emosional,” papar rektor.

STA GINOSKO

Dia menambahkan, sesungguhnya soft skill dibutuhkan untuk dapat mengaplikasikan kemampuan akademik di dunia kerja dan di era disrupsi ini, soft skill perlu dilengkapi dengan penguasaan digital skills dan global skills. “Jangan pernah berhenti untuk belajar,” tandasnya.

Rektor berpesan, wisuda bukan akhir dari perjuangan, justru menjadi awal dari lahirnya berbagai karya dan pengabdian nyata. “Jangan takut untuk membuat terobosan, sehingga bukan tidak mungkin suatu saat Andalah justru yang akan mencetak tenaga kerja melalui semangat wirausaha yang professional,” pesan Kumaat. (lla)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed