BBPOM Manado Realese Produk Obat dan Kosmetik Ilegal, Ini Daftarnya

0
419

Amurang, Jurnal6
Produk ilegal menjamur di Sulawesi Utara (Sulut). Terbanyak, adalah jenis makanan, obatan dan kosmetik. Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Manado pun ambil langkah pencegahan.

KIE yang digelar BBPOM Manado di Amuraang.(Foto:rul)

Bertempat di restoran Golden Carity Amurang, jalan Trans Sulawesi, BBPOM Manado merealese sejumlah produk ilegal. Produk ini ditunjukkan kepada 500-an warga, saat pelaksanaan kegiatan Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE), Kamis (28/3/2019). Tujuannya, agar warga Minsel tidak salah dalam memilih produk legal.

Produk ilegal yang dipajang BBPOM Manado di Amurang, di antaranya, Susut Perut Kalimantan, obat asam urat Dupra, HN Body Care, Natural Vitamin E botol, Animate, Ling Ghi fasial foam, lipstik Briliant, New Palate, Tretinoin Hydroquinone, Pemutih Dokter DR, Kopi Cleng, Walet Cream Day and Night, Temulawak dos kuning, Xi Xiu, dan masih banyak lagi produk ilegal lainnya.

Maria Patabang, Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi (Infokom) BBPOM Manado, dalam materinya mengatakan, warga Minsel harus cerdas memulih obat, obat tradisional dan kosmetik. “Waspadai obat-obatan dan kosmetik palsu yang diproduksi oleh orang yang tidak berwenang. Sebab, obat dan kosmetik palsu, biasanya proses produksinya sembarangan, dosis tidak ditimbang secara teliti, dan bahkan mungkin tidak mengandung bahan obat sama sekali atau bahkan mengandung bahan lain yang berbahaya untuk kesehatan,” tegas Patabang.

Untuk mengetahui obat dan kosmetik palsu, kata dia, masyarakat Minsel harus tahu gambarannya. “Ciri-ciri obat yang diduga palsu yaitu, tidak memiliki Nomor Izin Edar, atau NIE tidak sesuai dengan yang terdaftar di Badan POM. Ciri lain, tidak tersedia informasi dalam bahasa Indonesia, bentuk, nama, rasa tekstur obat dan kemasan, tidak seperti biasanya, dan bahkan tidak mencantumkan nama dan alamat produsen,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Partai Demokrat Minsel, Royke Kaloh mengatakan, masyarakat Minsel harus pintar memilih produk yang legal. “Sosialisasi tentang bahaya produk obat, kosmetik dan makanan yang disampaikan BBPOM Manado kepada warga Minsel, sangat bermanfaat. Dengan sosialisasi ini, masyarakat sudah bisa mengetahui produk mana yang legal dan illegal,” papar Kaloh.
Ikut hadir dalam kegiatan itu, tokoh masyarakat, politisi dan warga Amurang Raya.(rul mantik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here