oleh

Bantuan Alat Pertanian Disinyalir Banyak Disalahgunakan, DPRD Sulut Dukung Pembentukan Timsus Brigade Alsinta

Jurnal 6

Manado – Pemerintah saat ini terus berupaya meningkatkan  produksi pertanian melalui  berbagai bantuan untuk meningkatkan kesejahteraan petani di daerah ini. Diantaranya pemberian bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsinta)  bagi masyarakat.Namun sayangnya bantuan tersebut disinyalir tidak maksimal digunakan kelompok penerima bantuan, bahkan diduga ada yang telah dipindah tangankan ke pihak lain alias telah diperjual belikan.

Hal tersebut mendorong  kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Sulut Ir. Novly Wowiling,  membentuk   Tim Khusus (Timsus) Brigade Alsinta Distanak Provinsi Sulut yang beranggotakan para Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk terjun langsung ke lapangan guna melakukan pendataan aset-aset  Alsinta yang selama ini telah disalurkankepada  kelompok tani.

“ Tim ini nantinya akan mendata serta melihat apakah Alsinta digunakan secara optimal di lapangan oleh kelompok tani. Ini dimaksudkan agar penggunaan Alsinta tepat sasaran, sebab  ada informasi juga bahwa ada sejumlah oknum kelompok tani setelah menerima bantuan  malah diperjual belikan ke pihak lain, “ tandas Wowiling Selasa (12/3-2019).

Terpisah, personil  komisi II DPRD Sulut Razky Mokodompit mendukung upaya serta terobosan yang dilakukan  Distanak Sulut.

“ Bantuan ini kan diserahkan untuk kelompok tani, memang perlu ada kesadaran. Bantuan – bantuan pemerintah itu jangan dijual, jangan dihilangkan harus dirawat  karena belum tentu tiap tahun kelompok  itu mendapatkan bantuan tersebut,  Dinas terkait juga diharapkan terus  mengingatkan masyarakat agar bantuan tersebut digunakan secara optimal karena bantuan tersebut milik kelompok dan digunakan bersama. “ ujar  ketua Fraksi Golkar ini sambil berharap Distanak Provinsi  melakukan koordinasi  dengan Kabupaten/Kota agar permasalahan tersebut bisa mendapatkan perhatian khusus. (stem)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed