Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan, DR. Jerry Sambuaga : Salah Satu Nilai Penting Pancasila Adalah Toleransi

Pemerintahan169 views

Jurnal6

Manado – Perbedaan persepsi mengenai Pancasila  di kalangan masyarakat merupakan hal yang lumrah bahkan sering menjadi bahan diskusi di berbagai elemen masyarakat.

Namun sebagai dasar negara,Pancasila merupakan harga mati dan terlalu mahal  harganya bila mana ada kelompok yang ingin mengubah dasar Negara Indonesia

Hal tersebut dikatakan Anggota DPR/MPR RI DR. Jerry Sambuaga dalam kegiatan sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan MPR RI bersama sejumlah jurnalis liputan politik,  Sabtu (2/1)

“ Beda ideologi dan beda pemikiran tidak masalah silahkan kita adu, saya justru memotivasi silahkan kita diskusi apapun, tapi kalau kita sudah mau mengganti dasar,  harga yang dibayar terlalu mahal pertumpahan darah bangsa Indonesia untuk merebut  dan mempertahankankemerdekaan. Indonesia tidak boleh bubar hanya karena oknum-oknum yang ingin menggeser dan mengganti dasar Negara kita.” tegas Sambuaga.

Menurut anggota Fraksi Partai Golkar DPR RI ini , Negara Indonesia dengan beragam perbedaan    suku, ras dan golongan agama yang menjadi simbol dari keseluruhan dasar negara Pancasila tetap  kuat sejak masa kemerdekaan, orde baru, reformasi  bahkan hingga saat ini.

“Saya tidak sepakat kalau dikatakan Pancasila dipakai sebagai alat instrument menggebuk orang, tapi saya sepakat  Pancasila menjadi bahan diskusi , kalau perlu setiap hari kita ngomong Pancasila. Pancasila memang sudah final, tetapi sesuatu yang sudah final bukan berari tidak bisa kita omongin lagi. Pancasila itu harus kita resapi nilai-nilainya, “ terangnya.

Sambuaga menambahkan, salah satu hal penting yang terdapat dalam dilai-nilai Pancasila adalah toleransi .

“ Itu yang diajarkan founding father kita, membuat kesepakatan antara pro nasionalis dan pro agamais menjadi satu . Indonesia bukan  negara agama, tidak negara sekuler dan Indonesia merupakan satu-satunya negara di dunia yang memiliki dasar bernegara Pancasila.” pungkasnya. (stem)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *