oleh

Listrik Sering Padam, Frato Sorot Layanan PLN

-Minsel-138 views

Amurang, Jurnal

Baru sepekan menapaki Tahun 2019, pemadaman listrik sudah beberapa kali terjadi. Tak terkecuali, Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), daerah penghasil listrik di Sulawesi Utara (Sulut), juga mengalami nasib yang sama. Sorotan warga pun menyasar kinerja Perusahaan Listrik Negara (PLN).

STA GINOSKO

Menurut Franky Lelengboto, tokoh masyarakat Minsel, seringnya terjadi pemadaman listrik, membingungkan warga. Pasalnya, di Sulut terdapat belasan pembangkit listrik yang menyuplai listrik di Sulut dan Gorontalo. “Di Minsel saja sudah ada tiga perusahaan pembangkit listrik dengan daya yang cukup besar. Kan masih banyak pembangkit listrik di luar Minsel,” kata Frato, sapaan akrabnya, Sabtu (5/1).

Jika pembangkit listrik yang disewa dari Turki tidak berfungsi selama berjam-jam, kata dia, seharusnya bisa di-cover oleh pembangkit listrik lain. “Kalau pembangkit listrik di Kapal Zeynep Sultan tak berfungsi, bagaimana pemanfaatan PLTA Tanggari Satu dan Dua, PLTD Bitung, PLTD Manado, PLTU Lahendong dan PLTA Bolmong?” semburnya.

Akibat pemadaman tanpa pemberitahuan itu, jelas Frato, banyak barang elektronik warga yang mengalami kerusakan. “Siapa yang akan menanggung kerugian warga akibat pemadaman? Ingatlah nasib pasien di rumah sakit, ingat juga nasib para pengusaha dan warga. PLN harus memberikan penjelasan kepada masyarakat,” pungkasnya.(csr)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed