Olly Usul Ke UNESCO, Musik Kolintang Jadi Warisan Budaya Dunia

MANADO, SINERGIKABAR – Alat musik tradisional Minahasa, Kolintang diusulkan ke Unesco (United Nations Educational Scientific and Cultural Organization) untuk tetap menjadi warisan budaya dunia. Usulan ini tertuang dalam surat Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, SE bernomor 430/551/Sekr-DKD yang ditujukan ke Direktur Warisan dan Diplomasi Budaya, Direktorat Jenderal (Ditjen) Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI.

Selain telah menyurat, juga telah dibentuk tim yang terdiri dari Pemerintah Provinsi Sulut dan Persatuan Insan Kolintang Nasional (Pinkan).

“Pemerintah Provinsi Sulut mendukung serta memberikan persetujuan pengusulan lebih lanjut dengan menugaskan kepada tim penyusun dan komunitas pendukung untuk menyiapkan dan melengkapi dokumen pengusulan yang sedang dilakukan oleh Ditjen Warisan Kebudayaan Kemendikbud,” jelas Gubernur Olly

Diketahui, ansambel musik kolintang kayu Minahasa telah menyebar di beberapa negara sehingga Pemerintah Provinsi Sulut berusaha untuk melindunginya dari kepunahan atau peralihan kepemilikannya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *